Kamis, 09 Juni 2016

6 Kesalahan Yang Harus Di Hindarilah Saat Menyusun Rencana Bisnis

·   0

Dalam berbisnis kita harus ada rencana sama seperti hidup yang harus ada tujuan, bukan kayak air yang mengalir aja tanpa ada tujuan.
Post kali ini aku muat tentang kesalahan dalam menyusun rencana bisnis, mungkin saja ada yang tidak sadar atau memang tidak tau.


  • Rencana bisnis jangka pendek

Jangan perhan berpikir jangka pendek dalam berbisnis. Misal, "Seperti ini untuk hari ini dan besok pikirin besok". Ini salah, kita harus pikir jangka panjang, gimana nasip usaha kita kedepan dan apa strateginya supaya tetap berjaya.


  • Hanya memiliki satu rencana bisnis saja

Intinya harus punya rencana cadangan, karena di dunia bisnis semua tidak menentu, maka kalau satu rencana gagal kita masih punya rencana cadangan.


  • Rencana bisnis hanya sebatas intern saja

Susunlah rencana bisnis dengan pertimbangan tingkat persaingan pada pasar sesungguhnya. Kumpulkan juga informasi tentang para pesaing anda, bagaiman strategi mereka, langkah apa yang sedang mereka kerjakan dan sebagainya, ini sangat membantu meringankan bisnis ke depan.

Baca Juga :


  • Rencana keuangan yang tidak realistis

Intinya hitunglah dengan melihat realita di pasar, bukan sekedar kalau aku jual segini maka akan untung segini. Lihat juga pesaing-pesaingnya, jangan kita beda sendiri ntar, kalau beda tapi baik hasilnya ya gapapa.


  • Target pasar tidak jelas dalam rencana bisnis

Bidiklah market dalam menjalankan bisnis dan dengan secara detail.


  • Terlalu tinggi berharap dari satu rencana bisnis

Jangan berharap pada satu rencana bisnis, karena pikiran kita nanti akan berhenti pada satu titik saja dan menjadikan pikiran anda menjadi sulit untuk berkembang dan melakukan analisa terhadap berbagai kemungkinan yang akan datang.

Semoga sukses




Artikel Terkait